10 Amanat Anak kepada Ayah dan Bunda


inspirations by others



1. Tanganku masih kecil, tolong jangan menilaiku terlalu sempurna saat aku sedang membereskan tempat tidurku, menggambar atau melempar bola. Kakiku masih pendek, tolong jangan terlalu cepat kalau berjalan agar aku dapat berjalan bersama Ayah dan Bunda.

2. Mataku tidak seperti Ayah dan Bunda, aku belum melihat semua hal di dunia ini, beri aku kesempatan untuk dapat menjelajahi dunia dengan aman dan jangan larang aku kalau tidak begitu perlu sekali.

3. Aku tahu ada banyak pekerjaan di kantor dan di rumah yang harus Ayah dan Bunda kerjakan, aku tidak akan lama menjadi anak kecil, tolong berikan aku waktu dan perhatian untuk menjelaskan dunia yang indah dan lakukanlah dengan sepenuh hati.

4. Perasaanku lembut, perlakukan aku sebagaimana Ayah dan Bunda ingin diperlakukan oleh orang lain, jangan marah padaku sepanjang hari. Aku ingin Ayah dan Bunda sensitif pada kebutuhanku.

5. Aku adalah hadiah dari Allah swt untuk Ayah dan Bunda, perlakukan aku sesuai dengan kehendak Allah swt. Arahlan, bimbing dan siapkan diriku untuk dapat menghadapi masa depanku yang tidak sama dengan jamanmu, berilah aku aturan, penghargaan dan konsekuensi (bukan hukuman yang tanpa penjelasan yang membuat aku dendam) atas perbuatanku yang salah sehingga aku tahu mana yang benar dan salah.

6. Aku membutuhkan dukungan dan dorongan Ayah serta Bunda untuk tumbuh dan berkembang optimal, bukan hanya kritikan. Ayah dan Bunda dapat mengkritik perbuatanku tanpa harus membenciku.

7. Berikan aku kesempatan berlatih mengambil keputusan untuk diriku sendiri. Ijinkan aku untuk mengalami kegagalan dan memperbaiki kesalahan sehingga di masa depan aku sudah siap mengambil keputusan yang tepat untuk hidupku.

8. Jangan lakukan semuanya untukku, karena kau akan merasa bahwa apa yang aku lakukan tidak memenuhi standar atau harapan Ayah dan Bunda. Tolong jangan bandingkan aku dengan orang lain atau dengan saudara kandungku, aku tahu ini memang berat bagi Ayah dan Bunda.

9. Jangan takut meninggalkan aku jika memang Ayah dan Bunda perlu pergi berdua. Anak-anak juga butuh liburan tanpa Ayah dan Bunda, sama seperti Ayah dan Bunda yang membutuhkan liburan tanpa anak-anaknya.

10. Bawalah aku ke mesjid secara rutin, berikan aku contoh bagaimana menjadi Umat yang baik. Aku ingin tahu lebih banyak tentang Allah SWT dan Rosulnya

0 Comments:

Post a Comment



 

blogger templates | Make Money Online